Friday 10 October 2014

Sepenting Apakah Pelindung Lutut dan Siku ?




Didunia Biker's pastinya Brosis sudah gak asing lagi dengan yang namanya Pelindung Lutut. Kali ini XYI Banyumas Site mau sedikit membahas tentang benda itu. Sepenting apakah pelindung lutut dalam berkendara?

Pada dasarnya pelindung lutut dibuat khusus untuk melindungi tulang kering pada bagian tubuh kita (lutut dan siku) jika suatu saat kita terjatuh atau terjadi gesekkan dengan medan atau objek lain pada saat berkendara. Pastinya sangat bermanfaat sekali Brosis.

Tetapi mengapa pelindung lutut & siku tersebut hanya dipakai sebagian bikers pada saat melakukan perlajanan jauh atau touring saja? Apakah cuman buat gaya-gaya'an saja?
Gak Brosis, para bikers selain mempersiapkan stamina, kondisi motor, bikers juga pasti mempertimbangkan kondisi tubuh mereka. Pada saat touring, kondisi pengemudi pasti akan down disuatu titik jarak tertentu, nah hal itu pasti akah membuat tubuh bikers terasa lemah, dan bisa juga mengakibatkan kecelakaan kecil, seperti oleng karena mengantuk atau bahkan terjatuh. Dengan adanya pelindung lutut ini, dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya gesekan pada anggota tubuh kita.

Selain touring, biker's juga memakai pelindung lutut & siku ini pada saat offroad atau race sebagai pengaman wajib, untuk kejadian yang tidak diinginkan. Kebayang kan kalo riders ga pake pelindung, terus tiba-tuba jatuh.. uugghhh.. sakitnya tuuuh... disini.. wkwkwk..

Dan kenapa sobat bikers saat berkendara jarak pendek tidak memakainya? Karena dalam jarak pendek, pastinya sobat biker's masih dalam keadaan prima dan bisa menjanga kondisi tubuh dan motornya tetap stabil, dan tidak akan terkena lelah seperti pada saat touring.

Bagaimana Brosis?
Sedikit catatan nih, jika Brosis merasa lelah dalam kondisi touring, segeralah meminta berhenti sejenak untuk beristirahat, jangan terlalu dipaksakan, bisa bahaya.

Kesimpulannya, Pelindung lutut & siku tidak buat bergaya-gaya saja, tetapi untuk berjaga-jaga jikalau suatu saat kita terjatuh, bagian tulang kering kita terlindungi. Itu saja sih ^_^

Sekian dulu artikel kali ini ya...
Salam Satu Aspal !
Oiya bagi yang ingin menambahkan bagaimana pentingnya pelindung lutut & siku, bisa ditambahkan di kolom komentar ya... terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

 
Kopdar setiap hari Sabtu/Malam Minggu pukul 21.00 WIB, di Jalan Overste Isdiman Purwokerto - Komplek SMA N 4 Purwokerto, 100m selatan hotel Aston tepatnya di depan Pikako Photo Studio.